Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah

Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah
Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah : Selamat Siang sobat semua dimanapun sobat berada. Sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih karena sobat telah mengunjungi Website kami. Nah, disiang hari ini saya akan memposting salah satu tempat  peninggalan sejarah yang terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Nah, Tempat yang saya posting saat ini bernama Situs Duplang. Situs Duplang ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Jember. Situs Duplang diperkirakan muncul pada abad ke-10 setelah Candi Borobudur yang muncul pada abad-9, tetapi masyarakat sekitar banyak yang meyakini bahwa Situs Duplang ini muncul di abad ke-4.

Pada waktu saya pertama kali kesana, tempat ini sangat sederhana dan fasilitas-fasilitasnya pun masih belum memadai. Jalur menuju tempat ini sangat sulit sekali pada saat itu, jalanan beraspal namun berlubang dan lubangnya besar-besar. Namun, saat ini jalur menuju Situs Duplang ini sangat mudah dan jarang sekali ada jalan berlubang, walaupun ada sedikit jalan yang masih rusak tetapi tidak separah dahulu. Fasilitas-fasilitasnya pun sudah beragam mulai dari toilet sampai tempat duduk lesehan.

Tempat ini sangat sejuk dan membuat hati kita lebih tenang merasakan hembusan angin yang sepoy-sepoy bahkan jika sobat kesana pada siang hari sobat tidak akan merasakan kepanasan karena tempat ini memang sejuk, ditambah lagi dengan pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi-tinggi dan dibelakang Situs Duplang ini terdapat sawah-sawah yang membentang sangat luas, tempatnya yang bersih, dan tempat bebatuan yang masih tertata sejak pertama kali ditemukan.

Situs Duplang menyimpan sejarah panjang tentang peradaban manusia nusantara di masa lampau. Disini terdapat sepetak tempat bebatuan yang masih tertata rapi dan posisinya tidak berubah semenjak pertama kali ditemukan, batu-batu itu antara lain watu menhir, watu kenong, dolmen dan lain-lain. Selain itu disini juga masih terdapat peninggalan bersejarah yang lainnya. Jadi, sobat yang berkunjung ke tempat ini selain sobat dapat berwisata sobat juga bisa belajar mengenal sejarah-sejarah zaman dahulu dan belajar lebih mengenal alam.

Benda-benda peninggalan purbakala yang bersejarah di jember ini memiliki fungsinya masing-masing. Menhir merupakan batu tegak yang digunakan sebagai benda pemujaan bagi arwah leluhur. Watu kenong yaitu batu yang digunakan sebagai tempat persembahan bagi arwah atau roh leluhur. Di Situs Duplang, terdapat dua jenis watu kenong, yaitu watu kenong tunggal dan watu kenong kembar. Sedangkan dolmen berfungsi sebagai kubur batu, terdiri dari batu besar yang ditopang oleh 4-6 batu pada sisi-sisinya, kemudian ditutup dengan batu pipih lebar.
Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah

Fasillitas-fasilitas yang terdapat di Wisata Jember - Situs Duplang :
  • Kamar mandi
  • Tempat duduk lesehan
  • Warung
  • Spot foto yang indah
  • Area bebatuan untuk mengenal sejarah
  • Jalurnya yang sudah diperbaiki dan mulus
Untuk menuju ke tempat ini dari kota Jamber sobat akan menempuh jarak sekitar 16 KM perjalanan.
Situs Duplang memang kerap kali disinggahi oleh mereka yang ingin mengetahui sejarah peradaban masa silam nusantara dan belajar mengenal alam. Situs Duplang ini lebih dari destinasi wisata biasa, disini sobat bisa belajar mengenal sejarah-sejarah yang ada di Indonesia. Disini lebih dari destinasi wisata sejarah yang ada di Jember, Situs Duplang membuka mata dunia bahwa peradaban manusia nusantara sudah ada sejak berabad-abad silam. Situs Duplang merupakan sebuah warisan yang ada di Indonesia yang harus kita jaga dan kita rawat. Sungguh, ini suatu karunia yang tak ternilai harganya.

Oke sobat, itu saja ulasan saya tentang Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi sobat. Terima kasih sobat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Jember - Situs Duplang yang Membuat Hati Tenang dan Penuh Dengan Sejarah"

Posting Komentar

Jika Anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan Anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom dibawah ini.