Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah

Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah
Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah : Selamat Pagi sobat semua. Kali ini saya akan membagikan sebuah postingan tentang Tempat Wisata yang bersejarah yang terletak di Kota Semarang Tepatnya di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Tempat ini bernama Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu. Wisata Lawang Sewu ini merupakan salah satu gedung bersejarah yang ada di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein. Gedung ini dinamakan Lawang Sewu yang artinya seribu pintu karena dalam gedung ini terdapat banyak sekali pintu-pintu didalamnya. Gedung ini dulunya pernah dibuat sebagai salah satu Stasiun Kereta Api dan juga pernah dipakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah. Tetapi saat ini Gedung ini merupakan salah satu Tempat destinasi yang banyak dikujungi wisatawan karena kemegahan dan keindahan dari gedung ini sendiri yang dapat memikat hati para pengunjung yang datang ke Tempat Wisata Semarang ini.

Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu  berada di tengah-tengah Kota Semarang, jadi sobat akan lebih mudah untuk menemukan lokasi Tempat Wisata ini. Sebenarnya, jika kita menghitung keseluruhan pintu yang ada di Tempat Wisata Lawang Sewu ini terdapat sebanyak 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (sebagian pintu dengan 2 daun pintu, dan sebagian dengan menggunakan 4 daun pintu, yang terdiri dari 2 daun pintu jenis ayun [dengan engsel], ditambah 2 daun pintu lagi jenis sliding door/pintu geser). Jadi, pintu yang ada di Wisata Lawang sewu ini tidak sampai seribu pintu, namun banyaknya pintu dan banyaknya jendela yang ada di Wisata Lawang Sewu ini membuat masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu.

Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah

HARGA TIKET MASUK di Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu :
Nah, sobat untuk masuk dalam gedung ini harga  tiketnya tidak begitu mahal sob. Hanya Rp. 10.000,- untuk orang dewasa, untuk anak-anak sekitar umur 3 sampai 12 tahun harganya Rp 5.000,- dan untuk pelajar harga tiketnya sama seperti anak-anak yaitu Rp 5.000,-

JAM BUKA di Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu :
Di Tempat Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu buka mulai jam 07.00 pagi sampai jam 09.00 malam (21.00). Nah, jika sobat ingin berkunjung ke Tempat Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu ini tentunya bisa mengunjungi Tempat ini pada jam-jam yang telah di tentukan diatas.

TIPS BERKUNJUNG ke Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu :
  • Menjaga kelestarian gedung
  • Jangan membuat sampah sembarang
  • Jangan mencorat-coret gedung
  • Sedia PowerBank supaya sobat tidak kebingungan mengisi batrai jika batrai sobat low.
  • Sobat boleh mengambil foto sepuas-puasnya tetapi jangan merusak gedung.

Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah
Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.
Oke sobat, itu saja ulasan saya tentang  Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah. Semoga bermanfaat bagi sobat semua dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Semarang - Wisata Lawang Sewu Tempat Peninggalan Bersejarah yang Megah dan Indah"

Posting Komentar

Jika Anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan Anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom dibawah ini.