Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya : Hallo sobat, selamat pagi, kali ini saya akan memposting sebuah Artikel tentang Ukuran Lapangan Sepak bola dengan standart FIFA. Sobat tahu FIFA itu apa ? Kalau belum tahu saya akan memberitahukan FIFA itu apa. Nah, FIFA kepanjangan dari Federation Internationale de football Association, FIFA adalah badan pengatur international sepak bola. Jadi, FIFA merupakan badan yang mengatur tentang segala peraturan sepak bola diseluruh dunia.
Lapangan Sepak Bola Beserta Keterangannya : Sepak Bola merupakan olahraga yang paling digemari baik di Indonesia maupun di luar negeri dari anak kecil hingga dewasa bahkan lansiapun masih ada yang gemar olahraga ini walau hanya menjadi penonton saja, baik orang desa mapun orang kota sangat menggemari olahraga ini. Dalam permainan sepak bola resmi pemainnya adalah 11 orang pada setiap tim atau regu, 10(sepuluh) orang menjadi pemain (Pemain bertahan, Pemain Tengah, dan Striker) dan satu orang menjadi penjaga gawang atau disebut kiper. Biasanya terdapat pemain cadangan diluar lapangan untuk mengganti pemain yang cedera ataupun menambah daya serang atau pertahanan pada tim tersebut dan satu hal yang sangat berpengaruh disetiap tim sepak bola yaitu Pelatih. Pelatih ini bertugas untuk mengintruksikan pemainnya agar timnya mendapatkan kemenangan atau bisa mencetak goal. Dalam permainan sepak bola ini ada seorang wasit dan dua orang penjaga garis, tugas dari wasit adalah menjadi hakim dan atau menjaga dan menjalankan peraturan dalam permainan sepak bola serta memutuskan setiap gangguan atau perselisihan antara masing-masing regu atau tim dan tugas penjaga garis adalah memberi tahu pada wasit utama jika bola sudah keluar dan menunjukkan kepada wasit utama jika ada offside. Oiya, tujuan utama dalam permainan sepak bola ini adalah MENCETAK GOAL ke gawang lawan. Kalau dalam permainan sepak bola tidak resmi, contohnya di desa biasanya pemainnya tidak teratur, pemainnya bisa mencapai belasan hingga puluhan pemain yang bermain bola dan kadang kurang dari 11 pemain, dalam permainan tidak resmi yang terpenting regu kawan dan lawan jumlahnya sama dan bisa bermain semua.

Ukuran Lapangan Sepak Bola :
Untuk ukuran Lapangan Sepak Bola sudah diatur oleh FIFA dan bentuk dari lapangan sepak bola adalah persegi panjang. FIFA telah mengatur semua ukuran sepak bola diseluruh dunia, di Indonesia sendiri sepak bola diatur oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Nah, bagi sobat yang penasaran seperti apa ukuran sepak bola itu maka mari kita lihat ukuran Lapangan Sepak Bola di bawah ini :

Touch Line (Panjang Lapangan) dan Gaol Line (Lebar Lapangan)

Touch Line atau Panjang Lapangan adalah garis yang menjadi batas lapangan yang memanjang, untuk ukuran panjang lapangan minimum 90 meter dan maksimum 100 meter. Goal Line atau Lebar Lapangan adalah garis yang menjadi batas lapangan yang melebar, dan gawang berada di garis ini maka dari itu disebut Goal Line. Ukuran lebar lapangan minimum 45 meter dan maksimum 90 meter.
Lebar lapangan dan panjang lapangan jangan menggunakan ukuran ukuran bertemu dengan dengan maksimum. Jika mengambil panjang maksimum 100 meter dan lebar minimum 45 meter maka kita melihat seperti bukan bermain sepak bola tetapi seperti lomba lari. dan jika kita menggunakan panjang minimum 90 meter dan lebar maksimum 90 meter maka lapangannya akan berbentuk persegi, terus gawangnya mau ditaruh dimana ?. Jadi kita harus menggunakan lapangan yang proposional dan kita bisa mengambil contoh dengan ukuran panjang lapangan seperti lapangan sepak bola Santiago Bernabeu yaitu Lapangan yang menjadi markas Real Madrid CF. yaitu panjang lapangannya 105 meter dan lebar lapangan 68 meter dan contoh satu lagi yaitu lapangan Gelora Bung Karno (GBK) yaitu panjang lapangan 110 meter dan lebar lapangan 70 meter.
Garis Tengah (Halfway Line)
Garis Tengah (Halfway Line) adalah sebuah garis yang terletak dibagian tengah lapangan dan garis ini membagi dua lapangan dengan sama panjang.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya
Lapangan Santiago Bernabeu - Real Madrid

Lingkaran Tengah (Center Circle) dan Titik Tengah (Center Spot)

Lingkaran Tengah (Center Circle) adalah sebuah garis lingkaran besar yang berada di tengah-tengah lapangan. Ukuran garis lingkaran ini memiliki radius 9.5 meter. dan ditenga garis tersebut biasanya terdapat Titik Tengah (Center Spot) yaitu titik yang menjadi pusat dari lapangan, titik tersebut biasanya digunakan untuk melakukan Kick Off pada babak pertama dan babak kedua.

Kotak Penalti (Penalty Box)

Kotak Penalti (Penalty Box) adalah sebuah area berada di area yang berada di dekat gawang, biasanya jika terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti ini oleh regu yang bertahan maka akan dihadiahkan penalti oleh wasit. Ukuran panjang area ini adalah 40,32 meter dan dengan lebar 16,5 meter dihitung dari garis lebar lapangan.

Kotak Area Gawang (Goal Box) dan Titik Penalti (Penalty Spot)

Kotak Area Gawang (Goal Box) adalah sebuah area yang terletak di depan gawang. Area ini menjadi area penjaga gawang atau goal keeper karena di area ini seorang kiper sangat berkuasa dan lebih di perioritaskan, jika ada pemain yang melanggar kiper di area ini maka pertandingan akan dihentikan oleh wasit dan dilanjutkan dengan tendangan bola mati oleh kiper. antara Kotak Area gawang (Goal Box) dan Kotak Penalti (Penalty Box) terdapat Titik Penalty (Penalty Spot) adalah sebuah titik yang disediakan untuk melakukan tendangan penalti. Jarak titik penlati dengan garis gawang adalah 11 meter. Biasanya orang menyebutnya 12 pas atau disebut titik putih.

Penalti Arc

Penalti Arc adalah area cekung setengah lingkaran tepat di titik penalti yang berfungsi untuk mengatur jarak pemain dengan bola ketika tendangan penalti.

Corner Arc

Corner Arc adalah sebuah area cekung seperempat lingkaran yang terletak di setiap pojok lapangan Sepak Bola. Area ini berfungsi untuk menaruh bola saat melakukan tendangan sudut atau tendangan penjuru atau corner kick dengan radius 1 meter.

Corner Flagpost

Corner Flagpost adalah bendera yang dipasang ditiang yang terletak di setiap pojok lapangan sepak bola dengan tinggi tiang yang bervariasi tetapi tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

Technical Area

Technical Area adalah sebuah area yang berbentuk persegi panjang. area ini berada di pinggir lapangan dan area ini menjadi tempat pelatih atau staf lainnya dalam memberikan instruksi kepada pemainnya. Jika Pelatih atau pemain terkena kartu merah, maka pelatih dan pemain tersebut tidak di perbolehkan memasuki area ini.


Oke sobat itu saja ulasan saya tentang Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya Semoga ulasan saya dapat bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan untuk sobat dan tak lupa juga saya berterimakasih kepada sobat yang sudah mengunjungi website saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya"

Posting Komentar

Jika Anda ingin bertanya tentang Artikel ini silahkan Anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom dibawah ini.